Tugas makalah
Dosen : Usman Alwi,M.Pd.I
Media By
Design dan Media By Utilization
Kelomplok
6
Iin Andriani 10519203513
Marhani 10519195613
Dinal Alfiansyah 10519192613
urusan
Pendidikan Agama Islam
Fakultas
Agama Islam
JUniversitas
Muhammadiyah Makassar
Tahun
Akademik 2015/2016
KATA PENGANTAR
Segala Puji ats kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa
atas segala limpahan Rahmat, dan Hidayahnya sehingga kami dapat
menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat
sederhana dengan judul “Media by Design dan Media Utilization”. Harapan
kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para
pembaca.
Makalah ini
kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat
kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk
memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaannya.
Dalam penulisan makalah ini kami mengucapkan banyak
terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada semua pihak yang telah membantu kami
dalam penyusunan makalah ini.
Makassar, 27 Mei 2016
Penyusun
Daftar isi
Kata pengantar………………………………………………………. i
Daftar isi……………………………………………………………….. ii
BAB I Pendahuluan
- Latar belakang………………………………………………… iii
- Rumusan masalah……………………………………………. iv
- Tujuan penulisan…………………........................................ iv
BAB II Pembahasan
- Pengertian Media…………………………………………….. 1
- Media By Design dan Media Utilization…………………………… 3
BAB III Penutup
- Kesimpulan………………………………………………………… 7
- Saran
Daftar pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Belajar, kata tersebut
tak asing lagi dikalangan umum yang memiliki konotasi, bahwa belajar merupakan
suatu proses yang dilakukan sebagai usaha untuk mengubah tingkah laku seseorang
meliputi perubahan pengetahuan (dari tidak tahu menjadi tahu), lebih condong
akan menghasilkan ketrampilan dan kemampuan dan lain-lain. Telah kita maklumi
bahwa dalam proses pembelajaran yang berlangsung baik itu di dalam atau diluar
kelas tidak selamanya dapat berlangsung dengan maksimal dalam hal ini yaitu
efektif dan efisien, untuk menunjang sebuah pembelajaran yang efektif dan
efisien maka dibutuhkan kesesuaian dan ketersediaan komponen-komponen yang akan
mendukung pencapaian tujuan sebuah pembelajaran tersebut seperti adanya
perencanaan pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, media
pembelajaran ataupun evaluasi pembelajaran.
Salah satu komponen
penting yang mempengaruhi tecapainya tujuan pembelajaran adalah media
pembelajaran. Tepatnya pemilihan media yang akan dilakukan maka akan
memaksimalkan proses penerimaan informasi yang disampaikan oleh seorang
pendidik kepada peserta didiknya, pembelajaran yang disampaikan pun akan lebih
menarik. Dalam makalah ini akan dijelaskan fungsi dan manfaat (nilai) praktis
media pembelajaran.
Penggunaan media
pengajaran dapat membantu pencapaian keberhasilan
belajar. Ditegaskan oleh Danim (1995:1) bahwa
hasil penelitian telah banyak membuktikan
efektivitas pengunaan alat bantu atau media
dalam proses belajar mengajar di kelas,
terutama dalam hal pengingkatan prestasi
siswa. Terbatasnya media yang dipergunakan dalam kelas diduga
merupakan salah satu penyebab lemahnya mutu belajar siswa.
Dengan demikian penggunaan media dalam pengajaran di kelas merupakan sebuah
kebutuhan yang tidak dapat diabaikan. Hal
ini dapat dipahami mengingat proses belajar yang
dialami siswa tertumpu pada berbagai kegiatan menambah ilmu dan wawasan untuk
bekal hidup di masa sekarang dan masa
akan datang. Salah satu upaya yang harus
ditempuh adalah bagaimana menciptakan situasi
belajar yang memungkinkan terjadinya proses pengalaman
belajar pada diri siswa dengan menggerakkan
segala sumber belajar dan cara belajar yang efektif dan
efisien.Sasaran dari penggunaan media adalah
agar anak didik mampu menciptakan sesuatu yang baru dan
mampu memanfaatkan sesuatu yang telah ada untuk dipergunakan dengan
bentuk dan variasi yang lain yang berguna dalam kehidupannya. Dengan demikian
mereka dengan mudah mengerti dan memahami
materi pelajaran yang disampaikan kepada mereka. ketika
mengajar kita memerlukan suatu alat atau media pembelajaran untuk mempermudah
kita dalam menyampaiakan materi pembelajaran ke peserta didik. selain
memeprmudah, juga bisa membuat peserta didik termotivasi untuk mengikuti
pelajaran. nah, apa sih media pembelajaran?, sumber belajar? pengertian media
dapat diartikan sebagai perantara atau penghubung antara dua pihak yakni sumber
pesan dan penerima pesan, sehingga media pembelajaran dapat diartikan sesuatu
yang mengantarkan pesan pembelajaran antara pemberi pesan dan penerima pesan.
Sumber belajar diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat dugunakan untuk
memfasilitasi kegiatan belajar.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan Media ?
2.
Apa yang dimaksud Media by design Media by
utilization ?
C.
Tujuan
1.
Mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan
media
2.
Mampu membedakan media design dengan media
utilization
BAB II
PEMBAHASAN
- Media by design
Media By
Design (rancangan),adalah media
rancangan karena perlu dirancang dalam persiapa secara khusus untuk maksud atau
tujuan pembelajaran tertentu. (media by design) contohnya: Grafis, model,
modul, paket terprogram, gambar dan foto, program audio, program vidio,
komputer interaktif, multi media dan jaringan.
=»tGÏ. çm»oYø9tRr& y7øs9Î) Ô8t»t6ãB (#ÿrã/£uÏj9 ¾ÏmÏG»t#uä t©.xtFuÏ9ur (#qä9'ré& É=»t6ø9F{$# ÇËÒÈ
Artinya :
‘’Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan
kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan
supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran." (QS. Shaad,
38: 29)
Dari ayat di atas dapat di simpulkan bahwa,kita mampu mengambil
pembelajaran dari kitab (kitab dalam bahasa arab adalah buku)
- By Utilization
By utilization (media tanpa
rancangan yaitu media yang menggunakan benda sebenarnya) atau media jadi karena
sudah merupakan komoditi perdagangan dan trdapat di pasaran luas dalam keadaan
siap pakai). Contoh: benda sebenarnya, lingkungan, nara sumber, penomena alam dll.
ôs)s9 c%x. Îû öNÎhÅÁ|Ás% ×ouö9Ïã Í<'rT[{ É=»t6ø9F{$# 3 $tB tb%x. $ZVÏtn 2utIøÿã `Å6»s9ur t,ÏóÁs? Ï%©!$# tû÷üt/ Ïm÷yt @ÅÁøÿs?ur Èe@à2 &äóÓx« Yèdur ZpuH÷quur 5Qöqs)Ïj9 tbqãZÏB÷sã ÇÊÊÊÈ
Artinya ;
"Sesungguhnya pada
kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai
akal." (QS. Yuusuf, 12: 111)
Îûur
#ÓyqãB
øÎ)
çm»oYù=yör&
4n<Î)
tböqtãöÏù
9`»sÜù=Ý¡Î0
&ûüÎ7B
ÇÌÑÈ
Artinya ;
"Dan
juga pada Musa (terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah) ketika Kami mengutusnya
kepada Fir'aun dengan membawa mu'jizat yang nyata." (QS. Adz-Dzaariyaat,
51: 38)
ôs)s9ur
!$oYõ3n=÷dr&
öNä3tã$uô©r&
ö@ygsù
`ÏB
9Å2£B
ÇÎÊÈ
Artinya :
"Maka
Kami selamatkan Nuh dan penumpang-penumpang bahtera itu dan Kami jadikan
peristiwa itu pelajaran bagi s "Dan sesungguhnya telah Kami binasakan
orang yang serupa dengan kamu. Maka adakah orang yang mau mengambil
pelajaran?" (QS. Al-Qamar, 54: 51)
çm»oYù=yJymur
4n?tã
ÏN#s
8yºuqø9r&
9ß ßur
ÇÊÌÈ
ÌøgrB
$uZÏ^ãôãr'Î/
[ä!#ty_
`yJÏj9
tb%x.
tÏÿä.
ÇÊÍÈ
s)s9ur
!$yg»oYø.t¨?
Zpt#uä
ö@ygsù
`ÏB
9Ï.£B
ÇÊÎÈ
y#øs3sù
tb%x.
Î1#xtã
ÍäçRur
ÇÊÏÈ
ôs)s9ur
$tR÷£o
tb#uäöà)ø9$#
Ìø.Ïe%#Ï9
ö@ygsù
`ÏB
9Ï.£B
ÇÊÐÈ
Artinya;
"Dan
Kami angkut Nuh ke atas (bahtera) yang terbuat dari papan dan paku, yang
berlayar dengan pemeliharaan Kami sebagai balasan bagi orang-orang yang
diingkari (Nuh). Dan sesungguhnya telah Kami jadikan kapal itu sebagai
pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? Maka
alangkah dahsyatnya adzab-Ku dan ancaman-ancamanku. Dan sesungguhnya
telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil
pelajaran?" (QS. Al-Qamar, 54: 13-17)
¨bÎ)
Îû
È,ù=yz
ÏNºuq»yJ¡¡9$#
ÇÚöF{$#ur
É#»n=ÏG÷z$#ur
È@ø©9$#
Í$yg¨Y9$#ur
Å7ù=àÿø9$#ur
ÓÉL©9$#
ÌøgrB
Îû
Ìóst7ø9$#
$yJÎ/
ßìxÿZt
}¨$¨Z9$#
!$tBur
tAtRr&
ª!$#
z`ÏB
Ïä!$yJ¡¡9$#
`ÏB
&ä!$¨B
$uômr'sù
ÏmÎ/
uÚöF{$#
y֏t/
$pkÌEöqtB
£]t/ur
$pkÏù
`ÏB
Èe@à2
7p/!#y
É#ÎóÇs?ur
Ëx»tÌh9$#
É>$ys¡¡9$#ur
̤|¡ßJø9$#
tû÷üt/
Ïä!$yJ¡¡9$#
ÇÚöF{$#ur
;M»tUy
5Qöqs)Ïj9
tbqè=É)÷èt
ÇÊÏÍÈ
Artinya;
"Sesungguhnya
dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang,
bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa
yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan
bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan,
dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh
(terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan."
(QS. Al-Baqarah, 2: 164)
$yJ¯RÎ)
ã@sWtB
Ío4quysø9$#
$u÷R9$#
>ä!$yJx.
çm»uZø9tRr&
z`ÏB
Ïä!$yJ¡¡9$#
xÝn=tG÷z$$sù
¾ÏmÎ/
ßN$t6tR
ÇÚöF{$#
$£JÏB
ã@ä.ù't
â¨$¨Z9$#
ÞO»yè÷RF{$#ur
#Ó¨Lym
!#sÎ)
ÏNxs{r&
ÞÚöF{$#
$ygsùã÷zã
ôMoY¨$#ur
Æsßur
!$ygè=÷dr&
öNåk¨Xr&
crâÏ»s%
!$pkön=tæ
!$yg9s?r&
$tRâöDr&
¸xøs9
÷rr&
#Y$pktX
$yg»uZù=yèyfsù
#YÅÁym
br(x.
öN©9
Æøós?
ħøBF{$$Î/
4 y7Ï9ºxx.
ã@Å_ÁxÿçR
ÏM»tFy$#
5Qöqs)Ï9
tbrã¤6xÿtGt
ÇËÍÈ
Artinya;
"Sesungguhnya
perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami
turunkan dari langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu
tanam-tanaman bumi, diantaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak.
hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya,
dan pemilik-pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba
datanglah kepadanya adzab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan
(tanaman-tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan
belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan
(Kami) kepada orang-orang yang berpikir." (QS. Yuunus, 10: 24)
uqtr&
öNà2ßtnr&
br&
cqä3s?
¼çms9
×p¨Yy_
`ÏiB
9@ϯR
5>$oYôãr&ur
Ìôfs?
`ÏB
$ygÏFóss?
ã»yg÷RF{$#
¼çms9
$ygÏù
`ÏB
Èe@à2
ÏNºtyJ¨W9$#
çmt/$|¹r&ur
çy9Å3ø9$#
¼ã&s!ur
×pÍhè
âä!$xÿyèàÊ
!$ygt/$|¹r'sù
Ö$|ÁôãÎ)
ÏmÏù
Ö$tR
ôMs%utIôm$$sù
3 Ï9ºxx.
ÚúÎiüt7ã
ª!$#
ãNà6s9
ÏM»tFy$#
öNä3ª=yès9
crã©3xÿtGs?
ÇËÏÏÈ
Artinya;
"Apakah
ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang
mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam
buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai
keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung
api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu
supaya kamu memikirkannya." (QS. Al-Baqarah, 2: 266)
Media yang digunakan untuk proses pendidikan pun
macamnya sangat banyak sekali dan beragam, ada media visual atau pun audio
visual. Jadi kita tinggal memilih media mana yang cocok atau sesuai dengan
pembelajaran yang akan kita laksanakan.
Dalam memilih media
pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar harus memperhatikan
kriteria-kriteria pemilihan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa di kelas.
Beberapa kriteria pemilihan media pembelajaran adalah ketepatan dengan tujuan
pengajaran, sesuai dengan isi bahan ajar, kemudahan dalam memperoleh media,
keterampilan guru dalam menggunakan media, waktu yang tersedia cukup, dan
sesuai dengan taraf berfikir siswa. Ketepatan dengan tujuan pengajaran, artinya
media yang akan digunakan dipilih berdasarkan tujuan instruksional yang telah
ditetapkan. Tujuan-tujuan instruksional yang berisikan unsur pemahaman,
aplikasi, analisis, sintesis lebih memungkinkan digunakannya media pengajaran
(Sudjana dan Rivai, 2005: 5).
BAB III
PENUTUP
- Kesimpulan
Penggunaan media sangat dibutuhkan dalam
proses pembelajaran karena dapat mempermudah pembelajaran seperti menyederhanakan
kerumitan bahan yang akan disampaikan .Sumber belajar ada dua yaitu sumber
belajar yang dirancang (resources by design), contohnya LKS dan sumber belajar
yang dimanfaatkan (resources by utilization), contohnya bank, pengadilan,
museum, dsb..
- Saran
Demikianlah makalah yang dapat kami buat, semoga
bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan pemakalah khususnya. Kami menyadari
masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Oleh karenanya, saran dan
kritik yang konstruktif sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2003.
Asnawir dan Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta : Ciputat Pers, 2002.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta,
2010.
Mufarrokah, Anissatul, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta
: Teras, 2009.
Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: CV.Misaka Galiza,
2003.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar, Mozaik Teknologi
Pendidikan, Jakarta
: Kencana, 2004.
Posting Komentar