media by design and utilization



Tugas makalah
Dosen : Usman Alwi,M.Pd.I

Media By Design dan Media By Utilization





Kelomplok 6

Iin Andriani                             10519203513
Marhani                                   10519195613
Dinal Alfiansyah                     10519192613




urusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam
JUniversitas Muhammadiyah Makassar
Tahun Akademik 2015/2016
KATA PENGANTAR

Segala Puji ats kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, dan Hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana dengan judul “Media by Design dan Media Utilization”. Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca.
Makalah  ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaannya.
Dalam penulisan makalah ini kami mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan makalah ini.




Makassar, 27 Mei 2016

                                   

            Penyusun








Daftar isi


Kata pengantar……………………………………………………….      i
Daftar isi………………………………………………………………..     ii
BAB I Pendahuluan
  1. Latar belakang…………………………………………………     iii
  2. Rumusan masalah…………………………………………….     iv
  3. Tujuan penulisan…………………........................................        iv
BAB II Pembahasan
  1. Pengertian Media……………………………………………..      1
  2. Media By Design dan Media Utilization……………………………     3
BAB III Penutup
  1. Kesimpulan…………………………………………………………       7
  2. Saran
Daftar pustaka
















BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Belajar, kata tersebut tak asing lagi dikalangan umum yang memiliki konotasi, bahwa belajar merupakan suatu proses yang dilakukan sebagai usaha untuk mengubah tingkah laku seseorang meliputi perubahan pengetahuan (dari tidak tahu menjadi tahu), lebih condong akan menghasilkan ketrampilan dan kemampuan dan lain-lain. Telah kita maklumi bahwa dalam proses pembelajaran yang berlangsung baik itu di dalam atau diluar kelas tidak selamanya dapat berlangsung dengan maksimal dalam hal ini yaitu efektif dan efisien, untuk menunjang sebuah pembelajaran yang efektif dan efisien maka dibutuhkan kesesuaian dan ketersediaan komponen-komponen yang akan mendukung pencapaian tujuan sebuah pembelajaran tersebut seperti adanya perencanaan pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran ataupun evaluasi pembelajaran.
Salah satu komponen penting yang mempengaruhi tecapainya tujuan pembelajaran adalah media pembelajaran. Tepatnya pemilihan media yang akan dilakukan maka akan memaksimalkan proses penerimaan informasi yang disampaikan oleh seorang pendidik kepada peserta didiknya, pembelajaran yang disampaikan pun akan lebih menarik. Dalam makalah ini akan dijelaskan fungsi dan manfaat (nilai) praktis media pembelajaran.
Penggunaan media  pengajaran  dapat membantu  pencapaian  keberhasilan  belajar. Ditegaskan  oleh  Danim  (1995:1)  bahwa  hasil  penelitian  telah  banyak  membuktikan efektivitas  pengunaan  alat  bantu  atau  media  dalam  proses  belajar  mengajar  di  kelas, terutama  dalam  hal  pengingkatan  prestasi  siswa.  Terbatasnya media  yang  dipergunakan dalam kelas diduga merupakan salah satu penyebab lemahnya mutu belajar siswa.    Dengan demikian penggunaan media dalam pengajaran di kelas merupakan sebuah kebutuhan  yang  tidak  dapat  diabaikan. Hal  ini  dapat  dipahami mengingat  proses  belajar yang dialami siswa tertumpu pada berbagai kegiatan menambah ilmu dan wawasan untuk bekal  hidup  di  masa  sekarang  dan  masa  akan  datang.  Salah  satu  upaya  yang  harus ditempuh  adalah  bagaimana menciptakan  situasi  belajar  yang memungkinkan  terjadinya proses  pengalaman  belajar  pada  diri  siswa  dengan menggerakkan  segala  sumber  belajar dan cara belajar yang efektif dan efisien.Sasaran  dari  penggunaan  media  adalah  agar  anak  didik  mampu  menciptakan sesuatu yang baru dan mampu memanfaatkan sesuatu yang  telah ada untuk dipergunakan dengan bentuk dan variasi yang lain yang berguna dalam kehidupannya. Dengan demikian mereka  dengan  mudah  mengerti  dan  memahami  materi  pelajaran  yang  disampaikan kepada mereka. ketika mengajar kita memerlukan suatu alat atau media pembelajaran untuk mempermudah kita dalam menyampaiakan materi pembelajaran ke peserta didik. selain memeprmudah, juga bisa membuat peserta didik termotivasi untuk mengikuti pelajaran. nah, apa sih media pembelajaran?, sumber belajar? pengertian media dapat diartikan sebagai perantara atau penghubung antara dua pihak yakni sumber pesan dan penerima pesan, sehingga media pembelajaran dapat diartikan sesuatu yang mengantarkan pesan pembelajaran antara pemberi pesan dan penerima pesan. Sumber belajar diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat dugunakan untuk memfasilitasi kegiatan belajar.

B.    Rumusan Masalah
1.          Apa yang dimaksud dengan Media ?
2.          Apa yang dimaksud Media by design Media by utilization ?

C.    Tujuan
1.          Mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan media
2.          Mampu membedakan media design dengan media utilization



BAB II
PEMBAHASAN

  1. Media by design
      Media By Design (rancangan),adalah  media rancangan karena perlu dirancang dalam persiapa secara khusus untuk maksud atau tujuan pembelajaran tertentu. (media by design) contohnya: Grafis, model, modul, paket terprogram, gambar dan foto, program audio, program vidio, komputer interaktif, multi media dan jaringan.
=»tGÏ. çm»oYø9tRr& y7øs9Î) Ô8t»t6ãB (#ÿr㍭/£uÏj9 ¾ÏmÏG»tƒ#uä t©.xtFuŠÏ9ur (#qä9'ré& É=»t6ø9F{$# ÇËÒÈ
Artinya :
‘’Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran." (QS. Shaad, 38: 29)

Dari ayat di atas dapat di simpulkan bahwa,kita mampu mengambil pembelajaran dari kitab (kitab dalam bahasa arab adalah buku)

  1. By Utilization
By utilization (media tanpa rancangan yaitu media yang menggunakan benda sebenarnya) atau media jadi karena sudah merupakan komoditi perdagangan dan trdapat di pasaran luas dalam keadaan siap pakai). Contoh: benda sebenarnya, lingkungan, nara sumber, penomena alam dll.
ôs)s9 šc%x. Îû öNÎhÅÁ|Ás% ×ouŽö9Ïã Í<'rT[{ É=»t6ø9F{$# 3 $tB tb%x. $ZVƒÏtn 2uŽtIøÿム`Å6»s9ur t,ƒÏóÁs? Ï%©!$# tû÷üt/ Ïm÷ƒytƒ Ÿ@ÅÁøÿs?ur Èe@à2 &äóÓx« Yèdur ZpuH÷quur 5Qöqs)Ïj9 tbqãZÏB÷sムÇÊÊÊÈ
Artinya ;
"Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal." (QS. Yuusuf, 12: 111)
Îûur #ÓyqãB øŒÎ) çm»oYù=yör& 4n<Î) tböqtãöÏù 9`»sÜù=Ý¡Î0 &ûüÎ7B ÇÌÑÈ
Artinya ;
"Dan juga pada Musa (terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah) ketika Kami mengutusnya kepada Fir'aun dengan membawa mu'jizat yang nyata." (QS. Adz-Dzaariyaat, 51: 38)
ôs)s9ur !$oYõ3n=÷dr& öNä3tã$uô©r& ö@ygsù `ÏB 9Å2£B ÇÎÊÈ 
Artinya :
"Maka Kami selamatkan Nuh dan penumpang-penumpang bahtera itu dan Kami jadikan peristiwa itu pelajaran bagi s "Dan sesungguhnya telah Kami binasakan orang yang serupa dengan kamu. Maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?" (QS. Al-Qamar, 54: 51)
çm»oYù=yJymur 4n?tã ÏN#sŒ 8yºuqø9r& 9Žß ßŠur ÇÊÌÈ ÌøgrB $uZÏ^ãôãr'Î/ [ä!#ty_ `yJÏj9 tb%x. tÏÿä. ÇÊÍÈ s)s9ur !$yg»oYø.t¨? Zptƒ#uä ö@ygsù `ÏB 9Ï.£B ÇÊÎÈ y#øs3sù tb%x. Î1#xtã ÍäçRur ÇÊÏÈ ôs)s9ur $tR÷Žœ£o tb#uäöà)ø9$# ̍ø.Ïe%#Ï9 ö@ygsù `ÏB 9Ï.£B ÇÊÐÈ
Artinya;
"Dan Kami angkut Nuh ke atas (bahtera) yang terbuat dari papan dan paku, yang berlayar dengan pemeliharaan Kami sebagai balasan bagi orang-orang yang diingkari (Nuh). Dan sesungguhnya telah Kami jadikan kapal itu sebagai pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? Maka alangkah dahsyatnya adzab-Ku dan ancaman-ancamanku. Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?" (QS. Al-Qamar, 54: 13-17)
¨bÎ) Îû È,ù=yz ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur É#»n=ÏG÷z$#ur È@øŠ©9$# Í$yg¨Y9$#ur Å7ù=àÿø9$#ur ÓÉL©9$# ̍øgrB Îû ̍óst7ø9$# $yJÎ/ ßìxÿZtƒ }¨$¨Z9$# !$tBur tAtRr& ª!$# z`ÏB Ïä!$yJ¡¡9$# `ÏB &ä!$¨B $uŠômr'sù ÏmÎ/ uÚöF{$# y÷èt/ $pkÌEöqtB £]t/ur $pkŽÏù `ÏB Èe@à2 7p­/!#yŠ É#ƒÎŽóÇs?ur Ëx»tƒÌh9$# É>$ys¡¡9$#ur ̍¤|¡ßJø9$# tû÷üt/ Ïä!$yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur ;M»tƒUy 5Qöqs)Ïj9 tbqè=É)÷ètƒ ÇÊÏÍÈ
Artinya;
"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan." (QS. Al-Baqarah, 2: 164)
$yJ¯RÎ) ã@sWtB Ío4quysø9$# $u÷R9$# >ä!$yJx. çm»uZø9tRr& z`ÏB Ïä!$yJ¡¡9$# xÝn=tG÷z$$sù ¾ÏmÎ/ ßN$t6tR ÇÚöF{$# $£JÏB ã@ä.ù'tƒ â¨$¨Z9$# ÞO»yè÷RF{$#ur #Ó¨Lym !#sŒÎ) ÏNxs{r& ÞÚöF{$# $ygsùã÷zã ôMoY­ƒ¨$#ur  Æsßur !$ygè=÷dr& öNåk¨Xr& šcrâÏ»s% !$pköŽn=tæ !$yg9s?r& $tRâöDr& ¸xøs9 ÷rr& #Y$pktX $yg»uZù=yèyfsù #YŠÅÁym br(x. öN©9 šÆøós? ħøBF{$$Î/ 4 y7Ï9ºxx. ã@Å_ÁxÿçR ÏM»tƒFy$# 5Qöqs)Ï9 tbr㍤6xÿtGtƒ ÇËÍÈ
Artinya;
"Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, diantaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datanglah kepadanya adzab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman-tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang yang berpikir." (QS. Yuunus, 10: 24)
Šuqtƒr& öNà2ßtnr& br& šcqä3s? ¼çms9 ×p¨Yy_ `ÏiB 9@ŠÏ¯R 5>$oYôãr&ur ̍ôfs? `ÏB $ygÏFóss? ㍻yg÷RF{$# ¼çms9 $ygÏù `ÏB Èe@à2 ÏNºtyJ¨W9$# çmt/$|¹r&ur çŽy9Å3ø9$# ¼ã&s!ur ×p­ƒÍhèŒ âä!$xÿyèàÊ !$ygt/$|¹r'sù Ö$|ÁôãÎ) ÏmÏù Ö$tR ôMs%uŽtIôm$$sù 3 šÏ9ºxx. ÚúÎiüt7ムª!$# ãNà6s9 ÏM»tƒFy$# öNä3ª=yès9 šcr㍩3xÿtGs? ÇËÏÏÈ
Artinya;
"Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya." (QS. Al-Baqarah, 2: 266)


Media yang digunakan untuk proses pendidikan pun macamnya sangat banyak sekali dan beragam, ada media visual atau pun audio visual. Jadi kita tinggal memilih media mana yang cocok atau sesuai dengan pembelajaran yang akan kita laksanakan.
            Dalam memilih media pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar harus memperhatikan kriteria-kriteria pemilihan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa di kelas. Beberapa kriteria pemilihan media pembelajaran adalah ketepatan dengan tujuan pengajaran, sesuai dengan isi bahan ajar, kemudahan dalam memperoleh media, keterampilan guru dalam menggunakan media, waktu yang tersedia cukup, dan sesuai dengan taraf berfikir siswa. Ketepatan dengan tujuan pengajaran, artinya media yang akan digunakan dipilih berdasarkan tujuan instruksional yang telah ditetapkan. Tujuan-tujuan instruksional yang berisikan unsur pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis lebih memungkinkan digunakannya media pengajaran (Sudjana dan Rivai, 2005: 5).

















BAB III
PENUTUP

  1. Kesimpulan
 Penggunaan media sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran karena dapat mempermudah pembelajaran seperti menyederhanakan kerumitan bahan yang akan disampaikan .Sumber belajar ada dua yaitu sumber belajar yang dirancang (resources by design), contohnya LKS dan sumber belajar yang dimanfaatkan (resources by utilization), contohnya bank, pengadilan, museum, dsb..
  1. Saran
Demikianlah makalah yang dapat kami buat, semoga bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan pemakalah khususnya. Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Oleh karenanya, saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
















DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran,  Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

Asnawir dan Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta : Ciputat Pers, 2002.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2010.

Mufarrokah, Anissatul, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta : Teras, 2009.

Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: CV.Misaka Galiza, 2003.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar, Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta : Kencana, 2004.





Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © IIN ANDRIANI YUSUF. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates